CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Tips Mulai Ngeblog (1): Fase Latihan

Setiap orang bisa punya kiatnya sendiri dalam menciptakan content saat mulai ngeblog.

Menurut saya, setidaknya ada empat tips yang layak dicoba sebagai fase latihan:

  1. Pilih Topik yang Disenangi. Tulislah content yang Anda senangi dan bisa Anda tulis segera. Jika saat menulis sebuah posting Anda merasa tidak menemukan kendala berarti alias lancar-lancar saja, berarti itulah topik yang pas buat Anda.
  2. Mencari Sumber Tulisan. Jika belum ada ide untuk menulis posting-posting berikutnya, Anda bisa bertandang ke blog lain alias blog-walking. Atau menyambangi situs-situs lain seperti situs berita. Jika Anda menemukan posting menarik, pasang link tersebut di blog Anda, dan bubuhi komentar atau kesimpulan dari Anda. Link yang menarik tetap berharga bagi pembaca blog Anda.
  3. Menulislah dengan Alami. Jangan terlalu memusingkan gaya penulisan. Biarkan tulisan Anda mengalir. Menulislah seolah-olah Anda sedang bercerita dengan teman Anda.
  4. Cobalah berdisiplin. Silahkan tetapkan dalam hati, kapan saja Anda akan ngeblog. Dua kali seminggu atau sekali seminggu, terserah. Tetapi jangan sekali sebulan atau sekali dua bulan; rasa malas tidak akan mengasah kemampuan Anda dalam menulis. Semakin rajin Anda ngeblog, semakin besar kemungkinan kemampuan menulis Anda semakin terasah.

Tips Mulai Ngeblog (2): Mulai Fokus

Setelah melewati fase latihan, jika memang ingin serius ngeblog, kini saatnya untuk mulai fokus. Lebih fokus dari awal dan mempertimbangkan segala sesuatunya akan membuat pencapaian Anda dalam ngeblog lebih efektif dan efisien.

Bagaimana caranya?

  1. Pilihlah topik yang spesifik atau niche. Jika pemilihan ranahnya “semakin sempit dan tajam, semakin baik”. Jangan memilih topik soal musik secara umum, tetapi pilihlah –misalnya– tentang musik jazz atau indie. Jangan tulis soal mobil, tetapi tulislah soal Volkwagen.
  2. Tongkrongi sumber-sumbernya. Jika Anda sudah punya topik yang spesifik, sekarang Anda tinggal menongkrongi sumber-sumbernya: browsing dan blog-walking menjadi situs dan blog yang terkait dengan topik tersebut, lalu mem-bookmark-nya. Untuk situs-situs yang benar-benar bagus dan relevan dengan topik Anda, sebaiknya masukkan ke blogroll.
  3. Menulis dengan ringkas dan jelas. Sebagaimana tipikal tulisan atau posting di blog, Anda tak perlu menulis terlalu berpanjang-lebar. Tulislah dengan ringkas dan jelas, yang penting informatif. Orang tidak punya banyak waktu jika posting Anda sepanjang dan sedalam tulisan di jurnal ilmiah.(Kecuali untuk kasus tertentu, satu-dua posting Anda boleh saja agak panjang).
  4. Variasi tulisan. Jangan hanya menulis posting berupa analisis dan ulasan saja, tetapi sesekali juga tentang profil tokoh, kejadian, atau hal-hal yang ringan — yang penting masih berkisar dalam topik spesifik yang Anda tongkrongi.

Tips Mulai Ngeblog (3): Konsisten

Setelah membuat blog dengan topik yang niche atau spesifik, kini saatnya untuk mencoba kiat berikutnya: konsisten dengan topik dan frekuensi posting.

  • Konsisten dengan topik: Jika Anda sudah menemukan topik yang spesifik buat ngeblog, berusahalah untuk tetap konsisten untuk ngeblog dengan topik tersebut. Jika, dalam prosesnya, Anda punya ide baru lagi, jangan dicampuradukkan dengan blog yang sudah ada, tetapi buatlah blog yang baru.
  • Konsisten dengan frekuensi posting: Nah, ini yang paling berat –tetapi paling penting dan strategis dalam mengelola blog. Temukan waktu yang tepat buat Anda buat posting: satu kali dua hari, satu kali tiga haru, atau sekali seminggu? Terserah, tergantung ketersediaan waktu Anda.
  • sumber: thegadgednet.com

0 komentar: